10 TIPS MASUK BIDIK MISI

logo.png
Sebentar lagi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dibuka. Mau kuliah tapi gak punya biaya? Bidikmisi Solusinya.
Tapi harus tau dulu bidikmisi itu untuk siapa. Well, Banyak yang tiba-tiba jatuh miskin kalau dengar beasiswa bidikmisi. Bagaimana tidak, beasiswa ini sangat menggiurkan. Beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi ini, sering kali TIDAK TEPAT sasaran. Satu alasan kenapa hal ini terjadi yaitu tidak jujur dan tidak bertanggung jawab.
Berambisi mendapatkan beasiswa ini tak apa, asalkan jujur dan bertanggung jawab. Karena ketika kamu mendapatkannya dengan cara yang tidak baik, kalau kamu ketahuan kamu akan kehilangan bidikmisi di tengah jalan, digunjingkan sebagai koruptor versi mahasiswa dan bisa di Drop Out dari kampus dan kalaupun tidak ketahuan kamu pasti masuk neraka. Wihh… mengerikan juga yah.
Kenapa? Karena dana yang dialokasikan untuk beasiswa bidikmisi ini berasal dari APBN, secara otomatis kamu mencicipi uang rakyat. Kata Ketua Permadani Diksi Nasional “ Nafas kita (Mahasiswa Bidikmisi) berasal dari uang rakyat”. But, agar terhindar dari api neraka *mudah-mudahan dan mendapatkan beasiswa bidikmisi,
Berikut ini 10 tips yang bisa meyakinkan dirimu layak menerima beasiswa bidikmisi.
partai1.jpg
1. Kriteria harus terpenuhi
Pastikan kamu memenuhi kriteria utama, yakni kurang mampu dan berprestasi. Kalau kamu lari dari kedua kriteria ini, berarti kamu berambisi negatif. Meskipun niatnya tidak mau merepotkan orang tua dengan jalan mendapatkan beasiswa, banyak koq beasiswa di kampus yang cocok untuk semua mahasiswa yang mau mendapatkannya. Di semua jalur seleksi bidikmisi mengharuskan pendaftarnya untuk melengkapi borang di web beranda bidikmisi(kecuali bidikmisi pengganti on going). Nah di sana ada borang khusus untuk informasi ekonomi dan prestasi. Dalam pengisian ini, tidak menutup kemungkinan ada yang me
lakukan manipulasi. Contohnya ketika diminta mengupload foto rumah bagian depan, ada yang mengupload foto rumah bagian belakangnya sebagai foto rumah bagian depan. Contoh lain, ketika diminta untuk mengupload data prestasi non akademiknya, tidak menutup kemungkinan ada yang mengirimkan piagam yang bukan miliknya. Intinya harus jujur dan bisa dipertanggungjawabkan. Kamu bisa apply beasiswa ini ketika kamu masuk dalam kuota sekolah yang direkomendasikan. Kalau tidak yah, gak bisa daftar juga.
berkas berkas.jpg
2. Persiapkan berkas
Sebelum mendaftar kamu harus mempersiapkan beberapa item selain nilai raport. Seperti foto kamu, Kartu Indonesia Pintar, BSM, Surat Keterangan tidak mampu, tagihan rekening listrik, tagihan rekening air, sertifikat kegiatan, foto rumah, foto keluarga, tagihan Pajak Bumi Bangunan dan item lainnya. Pastikan semuanya lengkap dan jangan lupa diarsipkan. Karena setelah pengumuman bidikmisi, beberapa universitas meminta hardfile-nya bagi yang lolos.
form-1264999_960_720.jpg
3. Isi borang/formulir dengan teliti
Ketika mengisi borang/formulir isilah dengan seksama, jangan sampai ada yang terlupakan. Setelah diisi, pastikan dicek kembali sebelum disubmit. Setelah semua fiks, cetak Data diri pendaftar dan kartu pendaftaran bidikmisi. Penulis pernah mendapati calon mahasiswa yang lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dia bilang kalau dia lolos bidikmisi, tapi setelah mengecek namanya di bagian administrasi ternyata tidak ada. Mahasiswa tersebut menunjukkan kartu pendaftaran bidikmisinya kepada penulis, dan juga print out Data Diri Pendaftar Bidikmisinya. Setelah penulis cek kembali, ternyata ada kesalahan di pemilihan pekerjaan ibu. Pekerjaan ibunya hanya mengurusi rumah tangga, sementara di data diri yaitu TNI/ABRI. Calon mahasiswa ini merasa kecewa karena tidak lolos bidikmisi, meskipun lolos SNMPTN. Intinya harus jeli dan jangan terburu-buru saat mengisi formulir.
Kombinasi-Pilihan-PTN.png
4. Pilih Jalur Masuk yang tepat
Jalur masuk perguruan tinggi untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi pada umumnya ada 3, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN(Jalur Lokal) namun ada pula beberapa perguruan tinggi yang menerima mahasiswa bidikmisi melalui bidikmisi tambahan. Berikut penjelasannya:
1.      SNMPTN merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi tanpa tes secara nasional. Hanya melalui tahap penyeleksian berkas.
2.      SBMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi melalui tes tertulis secara nasional dan juga praktek untuk beberapa jurusan tertentu.
3.      SMMPTN adalah jalur masuk perguruan tinggi melaui tes tertulis dan juga praktek secara local.
4.      Tambahan adalah jalur seleksi yang dibuka untuk mahasiswa semester awal yang belum beruntung di ketiga jalur seleksi diatas.



salah-jurusan-kuliah-what-shoud-we-do-f39641-aassbfjudbk.jpg
5. Pilih Jurusan yang tepat
Saat memilih jurusan, kamu harus lihat background kamu. Kalau kamu dari jurusan IPS atau setara dengan IPS, kamu sebaiknya pilih jurusan yang tidak jauh dari bidangmu yaitu jurusan Soshum. Kamu juga sebaiknya memilih jurusan Saintek jika kamu berasal dari jurusan IPA. Sekedar info nih, di tahap seleksi ada 3 pilihan jurusan yaitu IPA,IPS dan IPC. Pada jurusan IPA, kamu hanya bisa memilih jurusan Saintek saja, pada jurusan IPS juga kamu hanya bisa memilih jurusan soshum dan pada jurusan IPC kamu bisa pilih semua jurusan yang kamu suka. Satu keunggulan buat kamu anak IPA, peluang kamu lolos ketika ambil IPC akan bagus, terlebih lagi jika pilihanmu jatuh di soshum. Dalam memilih Jurusan , usahakan kamu memilih jurusan lain yang juga kamu sukai yang menjadi cadangan. Perlu kamu ketahui, nilai mata pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang kamu pilih sangat berpengaruh dan juga kegiatan ekstrakurikuler dan perlombaan yang relevan.
Cara Memilih Jurusan Kuliah.png
6. Pilih Universitas/PT yang tepat
Universitas yang kamu pilih, usahakan Universitas terbaik yang kamu yakini dan sanggupi. Universitas yang baik dan bergengsi salah satunya bisa diketahui dari akreditasinya. Sekedar Informasi, Universitas Tadulako sendiri saat ini berakreditasi B. Tidak semua perguruan tinggi memiliki program beasiswa bidikmisi. Cari juga informasi kuota penerima bidikmisi universitas yang akan kamu tuju.
banyak-bertanya.jpg
 7. Banyak bertanya
Jangan malu bertanya, kamu pasti tahu dong. Malu bertanya sesat di jalan. Tapi kalo tersesat jalanin aja. No no no! Apa tujuan kamu bertanya? Untuk menggali informasi tentang hal yang belum kamu ketahui atau pahami dari beasiswa ini. Tenang saja, Kamu punya banyak jalan untuk bertanya dan kepada siapa kamu harus bertanya. Bisa langsung atau melalui media elektronik. Beberapa diantaranya adalah kakak kelas kamu yang sedang mendapatkan beasiswa ini, pemberi beasiswa (ristekdikti), universitas yang di tuju, Persatuan Mahasiswa dan Alumnii Bidikmisi Nasional dan paguyuban bidikmisi di kampus yang kamu tuju(Paguyuban bidikmisi Untad yaitu Permadani Diksi Untad)
34.png
8. Berusaha
Saat pengurusan berkas, jangan pernah patah semangat. Usahakan apa yang sudah seharusnya kamu perjuangkan. Usaha terbaik kamu yaitu ketika kamu masih mengikuti pelajaran di dalam dan luar sekolah dengan segenap pundi-pundi prestasi yang kamu kumpulkan. Ingat perjuangan 2,5 tahun kamu di sekolah. Jangan biarkan itu sia-sia. Jadikan dirimu lebih baik dengan mendapatkan beasiswa ini. Apabila kamu tidak lolos di tahap SNMPTN, jangan menyerah. Kamu masih bisa daftar di SBMPTN secara gratis, kalau belum paham caranya silahkan baca poin 7 diatas. Jangan Cuma daftar yah, belajar ekstra untuk itu. Jangan meremehkan soal sbmptn yah. Kalau gak lolos lagi kamu bisa ikut seleksi mandiri bahkan tambahan jika ada( teknis berdasarkan kebijakan universitas penerima)
91434d413f5229779790c0801f828722.jpg
9. Restu Orang tua
Minta restu orang tua kamu agar apa yang kamu lakukan lancar. Restu Tuhan adalah restu mereka. Terutama ibu. Jadi untuk kamu yang ingin dikabulkan doanya oleh Tuhan segeralah meminta restu dari orang tua kita.
Kalimat Terlarang Diucapan Ketika Berdoa.jpg
10.Berdoa
Doa adalah cara yang paling mampu buat kamu tetap semangat, lebih yakin dan mendekatkan kamu pada tuhan.
If you trust, you will meet the successes. Semoga tips di atas bisa membantu kamu mempercayai dirimu meraih bidikmisi. Mari mencoba!
ITU SAJA TIPS TIPS SUKSES JANGAN LUPA LIKE COMENT DAN SHEAR


Comments